Kamis, 04 November 2010

Apa itu mahasiswa???

MAHASISWA???

Mahasiswa,,,apa itu mahasiswa???

Siapa yang pantas disebut mahasiswa???

Apa semua anak yang kuliah pantas disebut mahasiswa???

Pertanyaan semacam ini sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari, pertanyaan yang sangat mudah tapi tidak sedikitpun yang mampu untuk menjawab. Cukup IRONIS, bangga dengan namanya Mahasiswa tapi tidak mengerti Siapa itu Mahasiswa.

Mahasiswa…???Selalu identik dengan Kaum Elit, Kaum Intelektual, Kaum Huru—Hara, Sering Demo, Sering diskusi, dan masih banyak lagi. Apakah kita termasuk di salah satu golongan ini. Silahkan Menjawab???!!!

Siapa yang pantas disebut Mahasiswa???Jika dia sebagai penyampai kebenaran (agent of social control), sebagai Agen Perubahan ( Agent of Change ), dan sebagai generasi penerus masa depan ( Iron Stock )…
Pasti muncul pertanyaan, Kalau yang belum melakukan 3 fungsi ini? Ya….Sudah selayaknya dia bukan mahasiswa.

Apakah anak kuliah semuanya mahasiswa???Merujuk kepada fungsi mahasiswa berarti TIDAK… sekarang marak disebut mahasiswa dengan julukan 3K (KOST,Kampus,Kantin)dan D3 ( Datang, Duduk, Diam).hehehehe… Padahal Mahasiswa adalah masa depan bangsa.

Mencoba merefleksikan sedikit tentang perjalanan mahasiswa, menjadi sentral perubahan di bangsa ini. Mulai dari Boedi Utomo 1908 sampai Era Reformasi 1998 begitu juga kemerdekaan banggsa Negara kita ini,,, sampai sekarang, inipun tak pernah luput dari yang namanya mahasiswa,…

Mari kita bercermin terhadap diri kita sendiri, apakah kita pantas disebut sebagai mahasiswa,,,dan Jawaban ada di pundak kita kawan…!!!!

Masa depan dan arah bangsa ada di tangan kita masing-masing kawan,,,…

Salam Perjuangan…                                                  By. Hanafi

2 komentar:

  1. weh , mantep rek artikelnya.. :D
    kalo saya bisa disebut mahasiswa gak ya.. :malu:

    BalasHapus
  2. ya mulai berkaca pada diri sendiri aja lah...!!!!

    BalasHapus